WISATA PEMANDANGAN ALAM INDAH KAPUAS KALIMANTAN TENGAH

WISATA DI KAPUAS KALIMANTAN TENGAH


Kabupaten Kapuas adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan luas wilayah kurang lebih 14.999 km2, kabupaten kapuas memliki potensi alam yang dapat dikembangkan salah satunya adalah potensi wisata alam.

Beberapa potensi wisata alam yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata antara lain :

1. Air Terjun Gunung Puti
Air Terjun Gunung Puti
Air terjun gunung puti, di daerah desa Masuparia kec. mandau talawang kabupaten kapuas, air terjun ini bersebelahan dengan air terjun masupa, dan di pisahkan oleh tebing yg tinggi, dan lokasi 1 jam jalan kaki dari perkampungan.

2. Air Terjun Masupa
Air Terjun Masupa
Air terjun masupa terletak di desa masuparia kecamatan mandau talawang kabupaten kapuas, dengan ketinggian 100 m pertingkat, di daerah tersebut terdapat juga air terjun gunung puti dengan ketinggian yg sama.

3. Air Terjun Bunut
Air Terjun Bunut
Air terjun bunut berada di Desa Tumbang Tukun Kecamatan Pasak Talawang Kabupaten Kapuas Kalteng. Dari Desa menuju air terjun memakan waktu sekitar satu jam menggunaka Kapal Motor.

4. Pulau Telo
Pulau Telo
Pulau telo, yaitu 3 pulau kecil yang berada di tengah sungai kapuas. Pemandangan di kawasan pulau telo sangatlah menarik dan eksotis karena tempatnya masih alami, namun sayangnya sampai saat ini hanya digunakan sebagai lahan bercocok tanam oleh penduduk sekitar.

5. Teluk Batu
Teluk Batu
Teluk batu, masih terletak di desa masupa ria Kecamatan Mandau Talawang. Kawasan berbatu-batu yang terletak di desa masupa ria dengan air yang jernih di sekitarnya, ditambah lagi dengan pepohonan yang menjuntai di sisi kiri dan kanan teluk membuat kita nyaman dan betah berlama-lama berada di sana.

6. Kuala Kapuas
Kuala Kapuas
Kuala Kapuas - 'Kota Air' nan Cantik di Ujung Kalimantan Tengah.
Kota Kuala Kapuas merupakan ibu kota Kabupaten Kapuas, yang di juluki sebagai “Kota Air”, karena letaknya berada di tepi salah satu sungai besar di Pulau Kalimantan, yaitu Sungai Kapuas, yang panjangnya sekitar 610 km dan bermuara di Laut Jawa. Namun, perlu di perjelas, bahwa Sungai Kapuas di sini berbeda dengan Sungai Kapuas yang berada di Kalimantan Barat, dua sungai ini sama sekali berbeda dan tidak ada alirannya yang berhubungan, hanya namanya saja yang kebetulan sama.

Kabupaten Kapuas merupakan salah satu kabupaten yang terletak di bagian paling ujung dari Provinsi Kalimantan Tengah, yang berbatasan langsung dengan Kab. Barito Kuala di Provinsi Kalimantan Selatan.

Namun demikian, walau terletak di bagian ujung Provinsi Kalimantan Tengah, letak Kuala Kapuas sangat strategis dan tidak terpencil, letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Banjarmasin, Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, malahan, jarak dari Kapuas ke Banjarmasin, lebih dekat dibanding dari Kapuas ke ibukota Kalimantan tengah, Palangkaraya.